Jumat, 01 Februari 2013

Resensi buku Globalisasi adalah Mitos by Zeni Ridhotunnisa


Dalam buku ini dibahas bahwa Mitos dan Impilkasi Globalisasi tentang Bidang Ekonomi dan Keuangan yang dalam proses mengglobal itu akhirnta terpecah dua yaitu yang mapan berada dipusat – pusat keuangan dunia dan masih belum mapan atau pinggiran berada di Negara – Negara berkembang. Pertumbuha institusi keuangan dunia yang terbelah tersebut menyebabkan system keuangan Negara menyebabkan system keuangan Negara pinggiran atau Negara berkembang dan institusi menjadi sangat rentan.
                Dalam buku ini juga penulis membahas tentang “apakah globalisasi bukan sekedar mitos?” penulis menerangkan bahwa dalam arti yang sesungguhnya dimnana semua Negara membuka diri terhadap arus barang, jasa dan uang. Tetapi pada kenyataannya keadaan ekonomi global sekarang tidak lebih terbuka dibandingkan keadaan pada akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20. Hal ini kemudian membukjtikan betapa rentannya institusi global disbanding keuangan, kelemahan system keuangan disuatu Negara dan suatu kawasan menjadi ancaman bagi Negara atau kawasan itu sendiri.
                Dalam buku ini pun penulis membahas banyak pertanyaan seperti “kapan globalisasi ekonomi bakal tuntas dan mapan?” dan masih banyak lagi pembahsan mendalam tentang model – model ekonomi, ekonomi nasional yang membahas tentang perdagangan dan investasi menghasilkan hubungan yang semakin luas antar berbagai ekonomi nasional.
                Dan dalam buku tersebut banyak argumentasi dengan bukti bukti yang kuat, menyatakan globalisasi adalah mitos. Tidak percaya ? Silahkan baca dan ambil kesimpulan sendiri.

Tidak ada komentar: